Dilema Pelumas Encer atau Kental untuk Mobil



Jakarta – Belakangan kita disuguhi banyaknya produk pelumas dengan tingkat kekentalan (SAE) yang semakin encer. Perdebatan dan pendapat pun bermunculan, membuat konsumen semakin butuh panduan memlih pelumas yang paling cocok untuk mobilnya. Lebih baik oli yang encer, atau pilih yang lebih kental?


Sebenarnya, pabrikan sudah merekomendasikan jenis pelumas yang paling baik atau cocok digunakan pada mobil. Namun dengan semakin banyaknya pilihan merek dan jenis pelumas di pasaran, konsumen wajib tahu, hal terpenting dari memilih pelumas paling tepat.


”Biasanya penggunaan pelumas lebih encer itu karena ada dua. Pertama, produsen mobil sekarang memang merekomendasikan penggunaan pelumas yang lebih encer, karena mengikuti perkembangan teknologi. Kedua, komponen mesin dengan usia yang relatif baru bisa dikatakan lebih rapat,” jelas Surono, salah satu mekanik senior Brum.id.


Dijelaskan lebih lanjut dengan perumpamaan usia mobil kurang dari lima tahun sejak pertama kali digunakan, maka pelumas yang biasanya dipakai untuk mesin mobil menggunakan yang lebih encer. Mulai dari SAE 10W-40, 10W-30, 5W-30, sampai 0W-20.


Namun, saat usia kendaraan lebih ”tua”, pemilik mobil bisa saja, atau bahkan disarankan pakai pelumas yang lebih kental, misalnya SAE 20W-50 dan lainnya. Hal ini berkaitan dengan teknologi, serta jarak renggang antar komponen mesin yang sudah tak serapat saat kondisi baru.


Surono menambahkan, perkembangan material yang digunakan pada mobil baru, lalu produksi kendaraan saat ini memungkinkan produsen membuat mesin dengan celah yang semakin presisi dan rapat. Sebaiknya, pemilik memang harus mengetahui karakteristik mobilnya sebelum menentukan pilihan pelumas.


Pengetahuan Mekanik dan Kualitas Pelumas

Di tengah dilema konsumen memilih pelumas yang baik untuk mobilnya, biasanya konsumen akan mengandalkan dua hal. Saran dari mekanik, atau memercayakan produsen pelumas atas rekomendasi yang diberikan. Namun, sebagai konsultan check up mobil bekas, perawatan berkala, serta home service terpercaya, Brum Indonesia menganggap keduanya sama penting.


”Mekanik tersertifikasi dan berpengalaman membuat kami percaya mampu memberikan edukasi terbaik untuk pengguna jasa Brum Indonesia. Termasuk di dalamnya edukasi dari mekanik kami tentang pelumas rekomendasi yang memang kadang menjadi dilema untuk konsumen,” kata Bagus Mahadityo, CEO Brum Indonesia.


Konsumen pengguna jasa Brum.id seharusnya sudah tak lagi berada di tengah dilema. Kolaborasi mekanik berpengalaman dan penggunaan pelumas yang terjamin kualitas serta memberikan banyak pilihan jenis dan kekentalan, menghadirkan pengalaman ”peace of mind” lebih dalam. (Donny A)

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags

PT. Brum Otomotif Indonesia

Office                               Go Work Menara Rajawali 2nd Floor Jakarta

WA Business                    081311248317

Email                                info@brum.id

  • facebook
  • twitter
  • instagram

© 2020 by Brum Indonesia