Jurus Mengatasi Bau Kabin Mobil Tak Sedap


Ilustrasi @jtobiason via Twenty20

Jakarta, brum.id - Salah satu ”penyakit” AC adalah bau tak sedap. Biasanya, bau tersebut keluar saat pertama kali AC dihidupkan. Nah, kalau sudah begitu, jangan dibiarkan karena bisa mengganggu kenyamanan!

Bau tidak sedap paling sering berasal dari karpet. Debu yang menempel berputar dan bercampur dengan udara di kabin. Artinya, sirkulasi udara di kabin sudah kotor.

Untuk mencegahnya, ada beberapa tips:

1. Hindari membuka kaca terlampau sering dan lama ketika mobil sedang berjalan. Debu jalanan yang masuk diputar oleh blower AC. Kotoran akan masuk ke sistem sirkulasi, menempel dan menimbulkan bau.

2. Bersihkan karpet mobil sesering mungkin. Untuk menghindari karpet terlalu kotor atau berdebu, sebaiknya membersihkan bagian bawah alas kaki sebelum mobil dijalankan.

3. Bersihkan evaporator AC.

4. Hindari merokok di dalam kabin karena asapnya akan menempel di semua bagian seperti plafon, jok, hingga karpet. Aroma asap rokok sangat sulit dibuang dan akan terus berputar.

5. Rawat AC minimal enam bulan sekali.

6. Kurangi menyimpan makanan atau makan di dalam kabin. Baunya akan bercampur dengan udara di kabin dan menempel ketika bersirkulasi.

7. Pada kondisi mendesak, bisa dihilangkan dengan pewangi mobil, namun tidak sampai 100 persen.

8. Kopi dikenal sebagai penetralisir bau. Jika wewangian di kabin dianggap tidak sehat, letakkan sebungkus kopi bubuk yang sudah dibuka di beberapa bagian kabin (bisa di panel pintu, atau di bagian belakang kabin). Diamkan semalam!

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags

PT. Brum Otomotif Indonesia

Office                               Go Work Menara Rajawali 2nd Floor Jakarta

WA Business                    081311248317

Email                                info@brum.id

  • facebook
  • twitter
  • instagram

© 2020 by Brum Indonesia