
Ketika diperkenalkan awal Maret lalu, 83 unit langsung dipesan. Akhir Maret kemarin, 42 unit lagi-lagi dibooking saat Jesko dipamerkan di Geneva International Auto Show. Padahal hypercar yang masuk dalam segmen entry level ini baru diproduksi tahun 2020 mendatang, tapi sudah ratusan unit terjual. Penasaran apa yang jadi daya tarik Jesko? Hypercar ini dilahirkan dalam dua varian, track use (lintas balap) dan top speed. Yang mereka pajang di Geneva kemarin adalah varian top speed. Varian ini punya berkode Jesko 300, yang diambil dari kecepatan tertingginya, 300 mph atau mencapai 480km/jam. Koenigsegg sendiri baru memproduksi Jesko akhir 2020.
Karena dibuat eksklusif, tiap unitnya butuh waktu 1 minggu penggarapan. Dan diperkirakan baru pada awal 2021, pemesan Jesko bisa menikmati hypercar pengganti Agera ini. Daya tarik Jesko sendiri terletak pada jantungnya. Mesin Jesko merupakan hasil revisi dari mesin V8 5,0 liter twin-turbo, yang menghasilkan daya 1.280 Tk kala diisi bensin atau 1.600 Tk ketika menenggak bahan bakar ethanol E85. Angka torsinya mengerikan, 1.000 Nm pada rentang 2.700 - 6.170 rpm. Sedang batas merah di angka 8.500 rpm. Peningkatan pada mesin V8 itu termasuk crankshaft, revisi intake, dan ukuran turbo lebih besar.

Tenaganya didistribusikan melalui 9 percepatan otomatis berbasis Light Speed Transmission (LST), menghadirkan kecepatan tinggi secara instan. Teknologi transmisi LST ini memungkinkan pengguna memindah dari posisi gear 7 ke 4 dengan sangat cepat, tanpa perlu menunggu sinkronisasi.
Uniknya lagi, pengoperasian bisa dilakukan dari dua paddle shift. Pertama, dengan tarikan pendek, seperti pada transmisi kopling ganda umumnya. Alternatif lainnya, langsung menempatkan posisi gear terbaik sesuai akselerasi pada saat itu. Sasis Jesko dibuat dari serat karbon yang didesain ulang untuk meningkatkan ruang kaki, kepala dan visibilitas pengemudi. Hasilnya, aerodinamika lebih baik dari Agera dan menghasilkan downforce sampai 1.000 kg di kecepatan 275 km/jam. Angka ini 40 persen lebih tinggi dari Agera RS.